Negeri di Awan

Kisah ini terinspirasi dari lagu berjudul sama, dinyanyikan oleh Katon Bagaskara. Tentang seorang guru yang tulus mendidik siswanya.

Namanya Pak Afifi. Perawakannya yang pendek, putih dan sipit menjadikannya tampak seperti Samo Hung, aktor legendaris Mandarin kala itu. Beliau adalah guru favorit di sekolah kami. Pembawaannya ramah kepada siapapun, dari kepala sekolah. Beliau seperti buku berjalan bagi kami. Beliau sering menerangkan pelajaran tanpa melihat buku cetak. Saking hafalnya, beliau masih sempat menyisipkan lelucon diantara materi pelajaran. Tapi..ketika ada siswa yang berkali-kali diingatkan untuk tidak berisik dan tetap berisik juga, beliau tak segan-segan melempar mereka dengan kapur tulis. Sehingga, Pak Afifi sangat ditakuti oleh para siswa yang cenderung bandel. Pak Afifi membuat kami belajar bahwa serius dan santai masing-masing ada waktunya.

Sepuluh tahun berlalu. Setelah kami menamatkan SMA pun, kami menyempatkan bersilaturahmi ke rumah beliau saat Lebaran. Bahkan beberapa dari kami, termasuk aku, juga mengunjungi beliau saat liburan akhir semester. Makin mengenal keluarga beliau, kekagumanku terhadap Pak Afifi makin bertambah. Istri dan anak-anak beliau menjalani hidup yang islami, seperti rajin berjamaah di masjid dan rutin mengaji. Dan secara tidak langsung, hal itu mendorongku untuk mencontohnya. 

Kulipat mukenaku dengan perasaan campur aduk. Sedih, lega, haru, lebur jadi satu. Berawal dari Evi, teman SD sekaligus tetangga Pak Afifi yang mengabarkan bahwa beliau terkena stroke. Aku menangis membayangkan wajah ceria beliau. Juga gaya kocaknya ketika aku mengeluh. "Apapun yang terjadi dengan hidupmu nanti, tetaplah memilih untuk bahagia, Fin", begitu nasihat andalan beliau. 

Aku ingin segera manjenguk, namun apa daya kesibukan jadwal praktikum dan laporan tak bisa ditinggalkan. Akhirnya aku baru bisa kesana 3 bulan kemudian, saat long weekend. 

Aku terkejut demi melihat keadaan beliau. Badannya kurus kering, berjalan dengan tongkat dan bicaranya agak cadel. Alhamdulillah semangat hidup beliau sangat tinggi. Beliau rutin menjalani fisioterapi seminggu sekali. Beliau juga memilih untuk menjalani perawatan di rumah agar lebih mandiri dan dekat dengan anak-anak. Dan yang paling menakjubkan, beliau masih semangat mengajari anak-anak tetangga melukis seperti hobi beliau, tanpa dipungut biaya. 

Kini, tepat 5 tahun setelah kepergiaan beliau untuk selamanya. Kenangan, nasihat, humor beliau masih lekat dalam ingatan. Semoga beliau tenang di sisiNya. Semoga Indonesia mempunyai lebih banyak guru-guru berdedikasi seperti beliau di masa datang. Aamiin.


Comments

Popular posts from this blog

Cultural Leadership

Menjemput Impian

Dear Future Hubby